Pengaruh Persepsi Pemilik Dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi

Authors

  • Heriston Sianturi Universitas Satya Negara Indonesia
  • Nurul Fathiyah Universitas Satya Negara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54964/liabilitas.v1i2.14

Keywords:

Persepsi Pemilik UKM, Pengetahuan Akuntansi, Informasi Akuntansi

Abstract

Di banyak penelitian, kontribusi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) terhadap perekonomian memang telah terbukti, namun di sisi lain pelaku usaha skala ini juga masih banyak menghadapi masalah, dan salah satunya adalah dalam mengelola keuangannya, terutama dalam menggunakan informasi akuntansi dalam pengambilan berbagai keputusannya. Persepsi pengelola diduga kuat menjadi salah satu kunci permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi mengenai perspsi dan pengetahuan akuntansi pelaku UKM, dan pengaruhnya pada penggunaan informasi akuntansi untuk pengambilan keputusan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan objek pelaku UKM di wilayah Jakarta Barat, yang dipilih dan disurvey secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik yaitu Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Auto Korelasi dan Uji Heteroskedastisitas, analisis Korelasi, analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis.

Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa pengetahuan akuntansi berpengaruh signifikan dan positif terhadap penggunaan informasi akuntansi sedangkan persepsi pemilik tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap penggunaan informasi akuntansi. Sedangkan secara simultan persepsi pemilik dan pengetahuan akuntansi secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap penggunaan informasi akuntansi.

References

Abubakar, Arif dan Wibowo. 2005. Akuntansi untuk Bisnis Usaha Kecil dan Menengah. PT Grasindo, Jakarta.

Azhar, La Midjan dan Susanto. 2001. Sistem Informasi Akuntansi I dan II., Edisi Ke Sebelas, Lembaga Informatika, Bandung.

Belkaoui, A.R. 2000. Teori Akuntansi. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Budi, Chandra. 2013. Jutaan UMKM Pahlawan Pajak Urus Pajak Itu Sangat Mudah, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. (Edisi Kelima) Semarang, Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBS SPSS 21 Update PLS Regrsi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hansen dan Mowen. 2005. Management Accounting. Salemba Empat. Jakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Teori Akuntansi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hariyanto. 1999. Kebutuhan Informasi Akuntansi Bagi Usaha Perdagangan Eceran (Retail) Di Kotatip Purwokerto. Universitas Diponegoro Semarang.

Holmes, S., and Nicholls, D. 1988. An Analysis of The Use of Accounting Information by Australian Small Business Journal of Small Business Management, 26 (20), 57-68.

IAI. 2001. Standar Profesional Akuntan Publik. Salemba Empat, Jakarta.

Johnson H.T. and Kaplan R.S. (1987), Relevance Lost: the Rise and Fall of Management Accounting, Harvard Business School Press, Boston, US.

Kartikahadi, Hadi., et al. 2012. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS, Salemba Empat, Jakarta.

Kementerian Koperasi dan UMKM, 2012.

Kiryanto, dkk. 2001. Pengaruh Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan Kecil. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol.4/No.2/2001. Yogyakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada.

Kreitner, Robert and Angelo Kinicki. 2001. Organizational Behavior. Fifth Edition. Irwin McGraw-Hill.

Linda, 2012. Analisis Dampak Kredit Mikro Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Di Kota Semarang. Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.

Nugroho, Widjajanto. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Erlangga, Jakarta.

Sariningtyas, Pratiwi dan Tutik Diah W. 2011. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik pada Usaha Kecil dan Menengah . JAKI, Vol.1 No.1: 90-101.

Setyawan, Purnomo. 2007. Menumbuhkan Kebiasaan Menyusun Laporan Keuangan pada Usaha Kecil dan Menengah.

Sulistyo, Joko. 2002. 6 Hari Jago SPSS 17, Penerbit Cakrawala, Yogyakarta.

Umar, Husein. Metode Riset Komunikasi Organisasi Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama, 2003

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Downloads

Published

2016-09-01

How to Cite

Heriston Sianturi, & Nurul Fathiyah. (2016). Pengaruh Persepsi Pemilik Dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Jurnal Liabilitas, 1(2), 95–106. https://doi.org/10.54964/liabilitas.v1i2.14

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>