Pengaruh Ratio Keuangan Terhadap Prediksi Pertumbuhan Laba

Authors

  • Indira Shinta Dewi Universitas Satya Negara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54964/liabilitas.v2i1.18

Keywords:

Current ratio, debt to assets ratio, debt to equty ratio, pertumbuhan laba

Abstract

Pertumbuhan laba sangat diharapkan oleh seluruh perusahaan. Pertumbuhan laba tidak bisa dipastikan secara pasti, oleh karena itu sangat diperlukan peramalan atau prediksi terhadap pertumbuhan laba . Prediksi dapat dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan yaitu dengan menggunakan ratio keuangan. Beberapa penelitian terdahulu memberikan hasil penelitian yang berbeda terhadap prediksi pertumbuhan laba.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ratio keuangan terhadap prediksi pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015.Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria diperoleh sampel observasi sebanyak 36 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan. Menggunakan analis regresi linier berganda untuk menganalisis data. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa total assets turnover tidak berpengaruh terhadap prediksi pertumbuhan laba, current ratio tidak berpengaruh terhadap prediksi pertumbuhan laba, debt to assets ratio tidak berpengaruh terhadap prediksi pertumbuhan laba, debt to equity ratio, berpengaruh terhadap prediksi pertumbuhan laba.

References

Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta.

Darsono Purwanti Ari. 2010. Penganggaran Perusahaan edisi 2, Mitra Wacana Media. Jakarta

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23 edisi 8. Semarang: Universitas Diponegoro

Kasmir . 2012. Analisa Laporan Keuangan, Rajawali Pers, Jakarta

Keown Arthur j. dkk. 2008. Manajemen Keuangan Buku 1 edisi 10, Indeks, Indonesia.

Sudana Made I. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan edisi 2, Erlangga. Jakarta

Skousen, 2004 . Akuntansi Intermediate, Buku satu, Edisi kelima Belas,Salemba Emapat Jakarta

Van Horne, 2013. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, Buku Satu,Edisi Kedua Belas, Salemba Empat Jakarta.

Mahaputra Adnyana Kusuma Nyoman I. 2012. Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sayekti , Saputra Dwi Sumarno. 2015. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Industri Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Hartini Windi. 2012. Pengaruh Financial Ratio Terhadap Pertumbuhan Laba Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi, Universitas Negeri Semarang.

Gunawan Ade, Wahyuni Fitri Sri. 2013. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Perdagangan Di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Nisak Khoirun. 2015. Pengaruh Total Assets Turnover, Debt Ratio, Quick Ratio Dan Operating Income To Total Liability Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2011 S/D 2013, Universitas Nusantara Pgri Kediri

www.sahamoke.com

www.idx.co.id

Downloads

Published

2017-03-01

How to Cite

Indira Shinta Dewi. (2017). Pengaruh Ratio Keuangan Terhadap Prediksi Pertumbuhan Laba. Jurnal Liabilitas, 2(1), 27–52. https://doi.org/10.54964/liabilitas.v2i1.18

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>