Pengaruh Sikap Skeptis, Independensi Auditor, Penerapan Kode Etik Akuntan Publik, Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kap Di Wilayah Jakarta Selatan)

Authors

  • Nia Tresnawaty Universitas Satya Negara Indonesia
  • Melisa Bhetty Br. Ginting Universitas Satya Negara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54964/liabilitas.v2i1.19

Keywords:

Sikap Skeptis, Independensi Auditor, Penerapan Kode Etik Akuntan Publik, Akuntabilitas, Kualitas Audit

Abstract

Auditor akan mampu menghasilkan laporan yang memiliki kualitas baik dengan menanamkan sikap skeptis dan independen dalam memeriksa laporan keuangan. Hal ini berdasarkan pada penerapan kode etik akuntan publik sebagai prinsip dasar yang mengatur etika profesi akuntan publik, selain itu dengan adanya akuntabilitas maka seorang auditor akan mampu meningkatkan kualitas hasil pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Sikap Skeptis, Independensi Auditor, Penerapan Kode Etik Akuntan Publik dan Akuntabilitas terhadap Kualitas Audit pada KAP di Jakarta Selatan secara parsial dan simultan. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor pada Kantor Akuntan Publik Jakarta Selatan dengan responden sebanyak 60 orang. Data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 22.0.

Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa empat variabel yaitu, Sikap Skeptis, Independensi Auditor, Penerapan Kode Etik Akuntan Publik dan Akuntabilitas berpengaruh signifikan dan positif terhadap kualitas audit. Sedangkan secara simultan Sikap Skeptis, Independensi Auditor, Penerapan Kode Etik Akuntan Publik dan Akuntabilitas berpengaruh signifikan dan positif terhadap kualitas audit.

References

Abdul Halim. 2008. Auditing 1 Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Ade Wisteri sawitri nandari1, 2015. Pengaruh Sikap Skeptis, Independensi, Penerapan Kode Etik, dan Akuntabilitas terhadap Kualitas Audit. Universitas Udayana.

Arianti, Komang Pariardi,Edi Sujana, dan I Made Pradana Adi Putra. 2014. Pengaruh Integritas, Obyektifitas, dan Akuntabilitas Terhadap Kuliatas Audit di Pemerintahan Daerah (Studi Pada Inspektorat Kabupaten Buleleng). E-Journal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi S1 (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Institut Akuntan Publik Indonesia-Kompartemen Akuntan Publik (IAPI-KAP). (2011). SPAP. Jakarta: Salemba Empat.

Indira Januarti dan Faisal. 2010. Pengaruh Moral Reasoning dan Skeptisme Profesional Auditor Pemerintah Terhadap Kualitas Audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Dalam Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto 2010.

Mabruri, Havidz dan Jaka Winarna. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Hasil Audit di Lingkungan Pemerintah Daerah. Dalam Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto 2010.

Mardisar, Diani dan Sari, Ria Nelly. (2007). Pengaruh Akuntabilitas dan Pengetahuan terhadap Kualitas Hasil Kerja Auditor. Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar.

Putra Astika, I.B. 2010. Buku Ajar Teori Akuntansi: Konsep-Konsep Dasar Akuntansi Keuangan. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana:Denpasar.

Rina Rusyanti. 2010. Pengaruh Sikap Skeptisme Auditor, Profesionalisme Auditor Dan Tekanan Anggaran Waktu Terhadap Kualitas Audit. Penelitian:Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Setiawan, Anggi Okta. 2011. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Penelitian:Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya

Singgih, Elisha Muliani dan Icuk Rangga Bawono, 2009. Faktor-Faktor Dalam Diri Auditor dan Kualitas Audit: Studi pada KAP , Big Four” di Indonesia.Dalam Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta

Downloads

Published

2017-03-01

How to Cite

Nia Tresnawaty, & Melisa Bhetty Br. Ginting. (2017). Pengaruh Sikap Skeptis, Independensi Auditor, Penerapan Kode Etik Akuntan Publik, Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kap Di Wilayah Jakarta Selatan). Jurnal Liabilitas, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.54964/liabilitas.v2i1.19

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>