Pengaruh Return On Assets, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Authors

  • Tagor Darius Sidauruk Universitas Satya Negara Indonesia
  • Anif Yuliana Universitas Satya Negara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54964/liabilitas.v3i1.30

Keywords:

Return On Assets, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Corporate Social Responsibility

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab sosial dan komitmen perusahaan terhadap stakeholders dan lingkungan di sekitar perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on assets, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan pada pengungkapan CSR di perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan. Total sampel penelitian adalah 57 sampel yang memenuhi kriteria peneliti. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yang digunakan peneliti adalah metode purposive sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Return On Assets dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR sedangkan variabel pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh pada pengungkapan CSR. Secara simultan variabel return on assets, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility

References

Amelia, Dhita. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Tipe Industri, Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Industri Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2014. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul, Vol. Skripsi. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23 edisi 8. Penerbit: Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23 edisi 8. Penerbit: Universitas Diponegoro. Semarang.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Edisi Pertama. Penerbit: Graha Ilmu. Yogyakarta.

Harahap, Syafri Sofyan. 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Penerbit : PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Hastuti, Widya. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Tipe Industri Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Laporan Tahunan (Studi Empiris pada perusahaan Manufaktur yang listing di BEI). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Jurnal Akuntansi. Padang.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit : Pt. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kurnianingsih, Triastuti Heni. 2013. Pengaruh Profitabilitas Dan Size Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility. Vol.13, No.1.

Maharani, Selvia Monica. 2013. Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Finansial Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure Sebagai Variabel Intervening. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jakarta, 2013, Vol. Skripsi. Jakarta

Mardikanto, Totok. 2014. Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Korporasi). Penerbit : Alfabeta. Bandung.

Maulvy, Wildan. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Ukuran Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi Empiris Pada Perusahaan Properti, Real Estate dan Konstruksi Periode 2009-2012). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Vol. Skripsi. Jakarta.

Putri, Anggraini Rafika dan Yulius Jogi Christiawan. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi pada Perusahaan-perusahaan yang mendapat penghargaan ISRA dan Listed (Go-Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2010-2012). Akuntansi Bisnis Universitas Kristen Petra, Vol.2, No.I.

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan Edisi 3. Penerbit : BPFE. Yogyakarta.

Rindawati, Wahyu Meita dan Nur Fadjrih Asyik. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Kepemilikan Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), Vol.4, No.6. Surabaya.

Santoso, Singgih. 2011. SPSS Statistic Parametric. Penerbit : PT. Alex Media Computindo Gramedia. Jakarta.

Sari, Anggita Rizkia. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal, Volume I Nomor I.

Sari, Gusti Ayu Rika Milanda dan Ni Luh Putu Sri Harta Mimba. 2015. Pengaruh Manajemen Laba, Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility. ISSN : 2302- 8556.

Untung, Hendrik Budi. 2008. Corporate Social Responsibility. Penerbit : Sinar Grafika.

Jakarta. www.idx.co.id

www.globalreporting.org

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

Tagor Darius Sidauruk, & Anif Yuliana. (2018). Pengaruh Return On Assets, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Liabilitas, 3(1), 20–40. https://doi.org/10.54964/liabilitas.v3i1.30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>