Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Net Profit Margin, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Periode 2016-2019

Authors

  • Tagor Darius Sidauruk Universitas Satya Negara Indonesia
  • Yeni Yulistika Sari Universitas Satya Negara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54964/liabilitas.v6i2.85

Keywords:

Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, Pertumbuhan Perusahaan, Harga Saham

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin dan pertumbuhan perusahaan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi sub sektor makanan dan minuman di Bursa efek Indonesia (BEI) periode 2016 – 2019.

Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah dengan metode purposive sampling. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 25 perusahaan dan yang memenuhi kriteria sampel adalah sebanyak 14 perusahaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap harga saham, Net Profit Margin berpengaruh positif terhadap harga saham, dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan secara simultan hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap harga saham

References

Ahmad Ridho Fachrizal Chaery (2019). Analisis Pengaruh Faktor Internal Perusahaan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang. Vol.7, No. 2, Juli 2019.

Cristin Oktavia Tumandung, Sri Murni, & Dedy N. Baramuli. (2017). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEI Periode 2011 – 2015. Jurnal EMBA Vol. 5 No.2 Juni 2017. Universitas Sam Ratulangi.

Dimita H. P. Purba (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Kebijakan Struktur Modal Terhadap Perubahan Harga Saham Pada Perusahaan Property dan Real Estate di BEI. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist. Universitas Methodist Indonesia.

Dwi Fitrianingsih (2018). Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio Terhadap Harga Saham di Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2017. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu Vol.12 No,1. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banten.

Firmansyah & Masril (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Total Asset, Turnover, Return On Invesment, Earning Per Share Terhadap Harga Saham (Studi Perusahaan Manufaktur di BEI).

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Universitas Diponogoro.

Irawati Junaeni (2017). Pengaruh EVA, ROA, DER dan TATO Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Makanan dan Minuman di BEI. Riset dan Jurnal Akuntansi Volume 2 Nomor 1 Agustus 2017. Perbanas – Institute, Economis and Business Faculty.

Irham Fahmi. 2020. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ketujuh. Bandung : Alfabeta CV.

Irham Fahmi. 2020. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung : Alfabeta CV.

Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kesebelas. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Ni Luh Dewi Martiani (2018). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013 – 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Universitas Pendidikan Ganesha.

Rondonuwu Ester Faleria, Linda Lambey, & Stanley Kho Walandouw. (2017). Pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin, dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus pada Sub Sektor Food and Beverages). Jurnal Riset Akuntansi Going Concern. Universitas Sam Ratulangi.

Syafri, Sofyan Harahap. 2018. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sukamulja, Sukmawati. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Andi dan BPFE.

Sulia (2017). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Perusahaan LQ45 Yang Tedaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikrosil. Akuntansi STIE Mikrosil.

Website : www.idx.co.id

Downloads

Published

2021-08-01

How to Cite

Tagor Darius Sidauruk, & Yeni Yulistika Sari. (2021). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Net Profit Margin, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Periode 2016-2019. Jurnal Liabilitas, 6(2), 135–147. https://doi.org/10.54964/liabilitas.v6i2.85

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>