PENGARUH TINDAKAN SUPERVISI DAN PELATIHAN AUDITOR TERHADAP PROFESIONALISME AUDITOR PEMULA (STUDI EMPIRIS PADA KAP DI WILAYAH JAKARTA PUSAT)

Authors

  • Anita Mayangsari Universitas Satya Negara Indonesia
  • Nia Tresnawaty Universitas Satya Negara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54964/liabilitas.v1i1.3

Keywords:

Tindakan Supervisi, Pelatihan Auditor, Profesionalisme Auditor Pemula

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang auditing dan dapat digunakan sebagai referensi dan pembanding atau dasar penelitian lebih lanjut berkaitan dan tema penelitian ini. Bagi auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP), hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pengaruh tindakan supervisi dan pelatihan auditor terhadap profesionalisme auditor pemula sehingga dapat menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi auditor dalam melaksanakan praktik

Penelitian ini menggunakan tindakan supervisi dan pelatihan auditor sebagai variabel independen dan profesioanlisme sebagai variabel dependen, karena auditor pemula penting memiliki tingkat pemahaman yang tinggi atas tindakan supervisi dan pelatihan auditor dalam melaksanakan tugasnya, sehingga profesionalisme auditor tersebut diharapkan menjadi lebih baik.

Populasi penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja di KAP, yang tersebar di wilayah Jakarta Pusat yang tercatat di Direcotory Ikatan Akuntan Publik (IAI) Kopatermen Akuntan Publik 2013. Sampel penilitian ini yaitu 50 auditor junior yang terdapat di 14 KAP. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling  yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan (judgement sampling) tertentu yang ditetapkan peneliti yaitu auditor pemula yang pernah mealkukan pekerjaan di bidang auditing, hal ini dilakukan karena auditor tersebut telah beradaptasi dengan lingkungan kerjanya, sehingga auditor dapat memahani bahwa tindakan supervisi dan pelatihan auditor merupakan factor utama untuk menunjang tingkat profesioanlisme.

Pengujian  instrument penelitian meliputi uji realibilitas, uji validitas dan uji asumsi klasik, sedangkan analisa data penelitian menggunakan uji t, uji F, regresi linier berganda, dan uji koefisien determinasi (r2).

Hasil penelitian menunjukkan 1) tindakan supervisi berpengaruh positif terhadap profesionalisme auditor pemula, 2) pelatihan auditor berpengaruh positif terhadap profesionalisme auditor pemula, 3) tindakan supervisi dan pelatihan auditor secara bersama-sama berpengaruh positf terhadap profesionalisme auditor pemula.

References

Agoes, Sukrisno. 2004. “Auditing (Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Publik Jilid 1”. Edisi 3. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Arens, Alvin & Beasley. 2008. “Auditing Dan Jasa Assurance: Pendekatan Terintegrasi.” Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi 3. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2001. Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Joko Sulistyo. 2002. 6 Hari Jago SPSS 17. Cakrawala. Yogyakarta.

Kusuma, Novanda Friska Bayu Aji. 2012. “Pengaruh Profesionalisme Auditor, Etika Profesi dan Pengalaman Auditor terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas”. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Malayu S.P. Hasibuan. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta.: Bumi Aksara.

Malik, Reza Setiawan Syah. 2010. Pengaruh Profesionalisme dan Etika Profesi Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri. Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Mulyadi. 2002. Auditing Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat

Nurrahman, Myrna dan Nur Indriyanto, “Tindakan Supervisi dan Kepuasan Kerja Akuntan Pemula di Kantor Akuntan Publik”. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 3 No. 1 Januari 2000.

Santoso, Singgih. 2000. “SPSS Versi 10.0”, PT. Elex Media Komputindo, Gramedia, Jakarta.

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sri Yuliawati, 2009 Metodologi Penelitian, STKIP Purnamam Cetakan Pertama, Jakarta

Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sulandari, Nensitriyas. 2011. Pengaruh Tindakan Supervisi dan Pelatihan Auditor Terhadap Profesionalisme Auditor Pemula. Jurnal Akuntansi. Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-03-01

How to Cite

Anita Mayangsari, & Nia Tresnawaty. (2016). PENGARUH TINDAKAN SUPERVISI DAN PELATIHAN AUDITOR TERHADAP PROFESIONALISME AUDITOR PEMULA (STUDI EMPIRIS PADA KAP DI WILAYAH JAKARTA PUSAT). Jurnal Liabilitas, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.54964/liabilitas.v1i1.3

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>