Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Jakarta Selatan)

Authors

  • Galih Chandra Kirana Universitas Satya Negara Indonesia
  • Eva Shalehah Universitas Satya Negara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54964/liabilitas.v3i1.34

Keywords:

Locus of contol, komitmen organisasi, Kinerja Auditor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik individu terhadap kinerja auditor, studi empiris pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Selatan. Karakteristik individu kinerja auditor dapat meningkatkan pengetahuan tentang perlunya memelihara dan meningkatkan locus of control dan komitmen organisasi terhadap kinerja auditor di KAP untuk meningkatkan kualitasnya dalam bekerja

Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik Jakarta Selatan yang terdaftar di IAPI baik secara parsial maupun simultan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dari 12 Kantor Akuntan Publik. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sedangkan metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis linier berganda dengan bantuan SPSS versi 21.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa locus of contol dan komitmen organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan, dan pengaruh locus of contol dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor sebesar 61%, sedangkan 39% secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor. dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.

References

Agoes, Sukrisno. 2016. Auditing : Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Kantor Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Elder, Randal J, et al. 2011. Jasa Audit Dan Assurance. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 21 edisi VII. Semarang: Universitas Diponogoro.

Halim, Abdul. 2008. Auditing I (Dasar-dasar, Edisi Ketiga Audit Laporan Keuangan). Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Harini, Dwi., Agus Wahyudin dan Indah Anisykurlillah. 2010. “Analisis penerimaan auditor atas Dysfunctional audit behavior : Sebuah pendekatan karakteristik personal auditor”. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Kulsum, M.PD, Umi & Muhammad Jauhar, S.PD. 2014. Pengaruh Psikologi Sosial, Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Lina Febrina, Husna. Basuki Hadiprayitno. 2012. "Analisis Pengaruh Karakteristik Personal Auditor Terhadap Penerimaan Auditor Atas Dysfunctional Audit Behavior (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Tengah dan Yogyakarta)". Universitas Diponegoro, Semarang.

Mangkunegara, Dr. A. A. Anwar Prabu, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda

Mulyadi. 2014. Auditing. Buku Satu, Edisi Keenam. Jakarta: Salemba Empat.

Rai, I Gusti Agung. 2011. Audit Kinerja Pada Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Cetakan ke-23. Bandung: Alfabeta.

Thoha, Miftah. 2017. Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Ulum M.D, Ihyaul. 2012. Audit Sektor Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ceacilia Sri Mindarti (2015). Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Auditor Hal. 59-60

Desak Made Putri Sanjiwani Dan I Gede Suparta Wisadga (2016). Pengaruh Locus Of Control, Gaya Kepemimpinan, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Auditor Kantor Akuntan Publik

Ni Meda Mas Sendhi Rahayu Dan I Dewa Nyoman Badera (2017). Pengeruh Locus Of Contol Internal, Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Organisasi Pada Kinerja Auditor

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

Galih Chandra Kirana, & Eva Shalehah. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Jakarta Selatan). Jurnal Liabilitas, 3(1), 90–101. https://doi.org/10.54964/liabilitas.v3i1.34

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>