Pengaruh Otonomi, Ambiguitas Peran Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik (Kap) Di Jakarta Selatan

Authors

  • Galih Chandra Kirana Universitas Satya Negara Indonesia
  • Muhammad Ichrom Universitas Satya Negara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54964/liabilitas.v4i2.54

Keywords:

Otonomi, Ambiguitas Peran, Profesionalisme

Abstract

Isu mengenai profesionalisme marak diperbincangkan menyusul banyaknya skandal akuntansi yang terjadi pada perusahaan-perusahaan besar di dunia seperti Enron Corp, Xerox Corp, WorldCom hingga Walt Disney.Banyak masalah yang terjadi pada berbagai kasus bisnis yang ada saat ini melibatkan profesi akuntan.Sorotan yang diberikan kepada profesi ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya praktik-praktik profesi yang mengabaikan standar akuntansi bahkan etika, Salah satu faktor yang memoderasi kinerja adalah hubungan kepegawaian yang terdiri dari hubungan kepegawaian antara perusahaan dan karyawan.Para pekerja harus mengendalikan diri dengan pengetahuan dan wawasan tentang etika, moral, dan profesionalisme dalam membangun kekompakkan di antara para rekan kerja secara tulus dan ikhlas.Etika, moral, dan profesionalisme yang dimiliki harus bisa memberikan nilai positif dalam menjaga keutuhan dan kekompakkan organisasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Otonomi, Ambiguitas Peran, dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Auditor di Kantor Akuntan Publik Jakarta Selatan secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah Auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik yang terdaftar di IAPI. Sampel dalam penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik yang terdaftar di IAPI. Teknik sampel yang dilakukan adalah dengan purposive sampling . Data yang digunakan adalah data premier. Alat analisis data yang digunakan adalah SPSS 22.0

Hasil penelitian menunjukan bahwa, Hasil Pekerjaan Auditor yang diukur menggunakan tingkat Ambiguitas Peran tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Auditor.Otonomi dan Profesionalisme yang diukur dengan menggunakan hasil pekerjaan yang diselesaikan auditor memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Auditor.

References

Ghozali. 2012 Aplikasi Analisis Multivariate IBM SPSS 22. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hanna, E., & Firnanti, F. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Auditor. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 13-28..

Herry. 2009. Teori Akuntansi Edisi I. Jakarta.

Luthans, Fred, 2005. Perilaku Organisasi dan Atribusi, Edisi Sepuluh, Diterjemahkan

oleh : VivinAndhika Yuwono; Shekar Purwanti; Th.Arie Prabawati; dan

Winong Rosari.Penerbit Andi, Yogyakarta.

Mangkunegara AP, 2015, Perencanaan dan Pengembangan Sumber DayaManusia,

Rfika Aditama, Bandung.

Mangkunegara, 2005, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Refika Aditama.

Jakarta.

Mulyadi. (2014). Auditting. Jakarta: Salemba Empat.

Pratina, Angga. (2011)."Role Ambiguity dan Role Conflict sebagai antaseden dari Job Insecurity pada Contingen Worker". Yogyakarta: STIM YKPN

Ridwan, & Engkos, K. A. (2007). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Cetakan Pertama. Bandung: Alphabeta.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Jakarta: Salemba Empat.

Santoso, Singgih. 2011. SPSS Statistic Parametric . Jakarta: PT Alex Media Computindo Gramedia.

Setiawan, I. A dan Ghozali, I. 2006. Akuntansi Keperilakuan (Konsep dan Kajian Empiris Perilaku Akuntan, Universitas Diponegoro, Semarang, BP UNIP.

Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tugiman, Hiro. (2013). Standar Profesional Audit Internal. Kansius : 2011.

Aulia. I. A. (2015). Pengaruh Pengalaman, Otonomi, Pengendalian Perilaku, dan Pengendalian Personal terhadap Kinerja Auditor Internal pada Perbankan Kantor Wilayah X Bank Mandiri Makassar. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makasar.

Hutami, Gartiria. (2011). "Pengaruh Konflik Peran dan Ambiguitas Peran terhadap Komitmen Independensi Auditor Internal Pemerintahan Daerah". Semarang. Universitas Diponegoro.

Kharismawan Sindudisastra, Lusius (2014). "Pengaruh Konflik Peran dan Ambiguitas PEran Terhadap Komitmen Independensi Auditor Internal. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Pratina, Angga. (2011)."Role Ambiguity dan Role Conflict sebagai antaseden dari Job Insecurity pada Contingen Worker". Yogyakarta: STIM YKPN

Ramadhanty. R. W. (2013)."Pengaruh Pengalaman, Otonomi, Profesionalisme, dan Ambiguitas Peran Terhadap Kinerja Auditor Pada KAP di DIY". Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Syauffa Pratiwi Hutasuhut, Reskino (2016). "Pengaruh Budaya Organisasi, Pelaksanaan Tanggung Jawab, Otonomi Kerja, dan Ambiguitas Peran terhadap Kinerja Auditor. Akuntabilitas : Jurnal Ilmu Akuntansi.

Wisesa, A. L. (2012). "Pengaruh Exercised Responsibility, Pengalaman, Otonomi, dan Ambiguitas Peran terhadap Kinerja Auditor Disemarang". Skripsi. Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2019-08-01

How to Cite

Galih Chandra Kirana, & Muhammad Ichrom. (2019). Pengaruh Otonomi, Ambiguitas Peran Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik (Kap) Di Jakarta Selatan. Jurnal Liabilitas, 4(2), 52–66. https://doi.org/10.54964/liabilitas.v4i2.54

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>